Senin, 23 Januari 2017

MENJAGA KEDAULATAN BAHASA (Bagian III)



Oleh Hadi Purnama



Bagaimana merawat bahasa Indonesia, menjadikannya bukan saja berkembang tetapi berdaulat di negerinya sendiri?



***
Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk senantiasa merawat bahasa Indonesia. Ibarat tanaman, apabila tidak dirawat dengan cermat, hati-hati, dan penuh kecintaan, sudah bisa dipastikan tumuhnya tidak subur bahkan lama kelamaan mati meranggas. Begitu pun dengan bahasa, bila dirawat dengan baik maka bukan saja kosa katanya akan bertambah, fungsinya kian berkembang, pamornya akan semakin semerbak diantara bahasa-bahasa lain di dunia. Lambat laun bahasa Indonesia akan berkembang dengan jumlah penuturnya yang kian banyak.
Ada beberapa cara sederhana dalam merawat bahasa Indonesia. Pertama, bahasa akan bertahan dan berkembang apabila ada penutur aktif. Karenanya, senantiasa menggunakan bahasa Indonesia dalam pergaulan resmi sehari-hari, baik secara lisan maupun secara tertulis. Dalam banyak kasus, punahnya suatu bahasa ketika para penuturnya lambat laun berkurang bahkan tidak menggunakannya sama sekali.
Kedua, bila ingin merawatnya dengan baik maka senantiasa menggunakan bahasa Indonesia dengan baik pula. Penggunaan bahasa yang tidak taat pada aturan hanya akan merusak tatanan bahasa itu sendiri. Dalam jangka panjang menggunakan bahasa Indonesia secara serampangan hanya akan merusak tumbuh kembang bahasa Indonesia.
Ketiga, bangga menggunakan bahasa Indonesia adalah langkah lain merawat bahasa Indonesia. Bukti kebanggaan tersebut bisa ditunjukkan ketika kita memrioritaskan penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar sehari-hari, atau sebagai bahasa yang digunakan dalam bidang bisnis, periklanan, teknik, dan bidang-bidang lainnya. Ada suatu kebanggaan ketika penggunaan kata, frasa, istilah atau konsep dalam bahasa Indonesia itu lebih bermakna sekaligus lebih keren!
Keempat, cara merawat bahasa Indonesia harus disertai upaya untuk terus memelajari seluk-beluk bahasa Indonesia, semisal mendalami tata bahasa, perbendaharaan bahasa, dan mengembangkan fungsinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar